Panduan Lengkap Bitcoin Wallet untuk Pemula

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital, mata uang virtual, aset digital atau aset kripto. Bitcoin masih termasuk baru, dan dikenalkan sejak 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Aset ini menjadi yang paling populer dibandingkan mata uang di cryptocurrency lainnya.

Bitcoin memungkinkan Anda untuk mengirim atau menerima uang dari internet,bahkan kepada seseorang yang tidak Anda kenal.  Agar Anda dapat menerima dan mengirim BTC Anda membutuhkan sebuah wallet atau dompet yang bisa menyimpan BTC sebelum digunakan.

Dalam setiap wallet ada sebuah alamat atau address agar Anda dapat melakukan menerima dan mengirim aset kripto sesuai tujuan.

Lalu, apa itu Bitcoin wallet address ?

Di artikel ini akan dijelaskan apa itu Bitcoin wallet address, bagaimana Anda mendapatkan Bitcoin wallet address.

Bitcoin Wallet Address

Bitcoin Wallet Address adalah sebuah alamat yang mirip dengan rekening bank, setiap wallet atau dompet akan memiliki alamat yang unik. Address wallet Bitcoin adalah sebuah alfanumerik dan selalu dimulai dengan 1,3 atau bc1 dengan panjang 26-35 karakter. Saat ini ada tiga format alamat Bitcoin yang digunakan.

Contoh: 3J98t1WpEZ73CNmQviecrnyiWrnqRhWNLy

Anda dapat membagikan alamat bitcoin yang Anda miliki dengan orang lain untuk memberi tahu mereka cara mengirim koin ke wallet Anda.

Cara Mendapatkan Bitcoin Wallet Address

Jika Anda ingin menjadi pengguna Bitcoin. Maka, Anda terlebih dahulu harus membuat wallet Bitcoin yang akan memungkinkan Anda untuk mengirim, menerima,  menyimpan Bitcoin dan mengamankan Bitcoin sebelum digunakan

Wallet Bitcoin juga menyimpan key privat Anda yang merupakan kata sandi yang Anda miliki. Ada empat jenis dompet Bitcoin yang dapat Anda gunakan: Wallet seluler, web, desktop, dan perangkat keras.

Wallet seluler

Wallet seluler bisa digunakan di ponsel, adalah wallet yang mudah diakses, tetapi penyedia layanan wallet akan turut memiliki kunci wallet Anda, sehingga memiliki risiko peretasan yang lebih tinggi dan membuat Bitcoin Anda tidak sepenuhnya aman.

Karena jika kode sandi tersebut, Anda bisa saja kehilangan aset kripto tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan wallet seluler Anda harus memilih penyedia layanan dengan reputasi dan keamanan yang baik. Anda dapat mengunduh wallet seluler di app store di iOS, Android, dan Windows Phone.

Web Wallet

Wallet ini hampir mirip dengan wallet seluler, mudah diakses dan digunakan. Tetapi tetap berisiko karena jika seseorang mengetahui beberapa detail pribadi Anda, seperti nomor telepon, alamat email, dan tanggal lahir.

Data-data tersebut bisa disalahgunakan untuk meretas akun dan mencuri seluruh aset yang Anda miliki.  Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dan memberitahu operator atau penyedia layanan agar memberi peringatan jika ada sesuatu yang janggal di akun Anda. Pastikan juga tidak berbagi data tersebut ke sembarang orang.

Desktop Wallet

Wallet desktop adalah program perangkat lunak yang dapat Anda instal di komputer Anda. Mereka lebih aman daripada dompet seluler dan web, tetapi peretas masih dapat mengeksploitasi kerentanan dalam keamanan, seperti mengekstraksi frasa pemulihan akun yang tidak dienkripsi, untuk mencuri bitcoin Anda. Pertimbangkan hanya menggunakan dompet yang mengenkripsi key privat pribadi Anda dan frasa pemulihan akun.

Hardware Wallet

Hardware wallet seperti hard drive eksternal untuk Bitcoin Anda.  Itu adalah perangkat fisik yang dapat Anda pasang ke komputer. Hardware wallet adalah cara paling aman untuk menyimpan bitcoin Anda karena mereka membatasi paparan dana Anda ke internet dan peretas. Namun agar perangkat ini aman dan berfungsi dengan baik, pastikan Anda menaruhnya di tempat yang aman.

Setelah Anda memilih wallet jenis apa yang akan digunakan dan menyelesaikan beberapa tahapan pendaftaran, Anda akan mendapatkan Bitcoin wallet address.

Namun, alamat wallet tidak hanya dihasilkan setiap Anda memiliki wallet baru, tetapi setelah menyelesaikan setiap transaksi address akan ikut diperbarui sehingga alamat wallet Anda akan berubah secara berkala, dan privasi serta jaringan akan lebih terlindungi.

Tetapi jika Anda tetap ingin menggunakan alamat yang lama pun tidak masalah. Karena setiap alamat Bitcoin sebelumnya yang Anda terima tetap bisa digunakan. 

Tidak masalah jika seseorang mengirim koin ke alamat terbaru Anda atau ke alamat lama, Bitcoin akan tiba di wallet yang sama. Sebagian besar semua Bitcoin wallet address yang dihasilkan dapat ditemukan dalam riwayat transaksi.

Untuk menerima serta mengirim bitcoin, selalu copy paste alamat penerima. Ini untuk menghindari kesalahan ketik, karena jika Anda salah memasukan alamat dan terlanjur mengirimnya transaksi tidak akan bisa dibatalkan.

Kesimpulannya, Bitcoin wallet address adalah sebuah alamat dengan kode yang unik terdiri dari alfanumerik yang akan memungkinkan Anda untuk mengirim atau menerima aset kripto tanpa salah tujuan. Untuk mendapatkan address wallet, Anda harus memiliki wallet terlebih dahulu. Anda dapat memilih tipe wallet sesuai kebutuhan.  

Perlu diingat karena alamat wallet berupa kode yang unik dan cukup banyak, tetap teliti dalam melakukan transaksi karena jika salah satu angka atau huruf saja, maka transaksi tidak akan sampai ke tujuan dan bisa jadi membuat Anda rugi karena transaksi cryptocurrency tidak bisa dibatalkan dan dikembalikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *