Panduan Lengkap Bitcoin untuk Pemula

Gelombang industri 4.0 membawa cryptocurrency dan teknologi Blockchain sebagai revolusi teknologi. Namun masih banyak yang belum memahami apa itu blockchain dan juga Bitcoin.

Panduan lengkap belajar Bitcoin ini mencakup apa itu BTC, mengapa berharga, cara memilikinya, dan seluruh hal yang perlu kamu ketahui mengenai cryptocurrency pertama ini sebagai pemula.

Apa Itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin ? Bitcoin adalah sebuah sistem mata uang cryptocurrency global, dan bisa disebut juga sebagai mata uang digital, mata uang virtual, dan juga aset kripto. Aset kripto terpopuler ini memungkinkan orang untuk mengirim atau menerima uang melalui internet, bahkan kepada seseorang yang tidak kita kenal atau tidak percayai.

Bitcoin diperkenalkan pada tahun 2009 dalam whitepaper yang diterbitkan oleh programmer yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto, yang didefinisikan sebagai sistem pembayaran elektronik peer-to-peer.

Topologi peer-to-peer (tanpa perantara) jaringan dan ketiadaan entitas manajemen pusat membuat pemerintah atau lembaga mana pun tidak mungkin mempunyai otoritas untuk mengontrol distribusi dan penerbitan mata uang digital satu ini.

Apa Perbedaan Bitcoin dengan Mata Uang Tradisional (Fiat)?

Apa Perbedaan Bitcoin dengan Mata Uang Tradisional Fiat

Ada beberapa hal mendasar yang membedakan mata uang kripto dengan mata uang tradisional atau fiat yang bahkan juga bisa diperjual-belikan secara digital. Ini dia perbedaannya.

1. Desentralisasi

Karakteristik yang paling penting adalah bahwa itu terdesentralisasi. Tidak ada satu institusi pun yang mengendalikan jaringan Bitcoin.

2. Suplai Terbatas

Tidak seperti mata uang fiat yang bisa terus dikeluarkan oleh bank sentral negara, Bitcoin memiliki suplai total 21 juta yang sepenuhnya dikontrol oleh algoritma yang mendasarinya.

3. Pseudonimitas

Sistem Bitcoin yang tidak memiliki validator sentral membuat kita sebagai pengguna menjadi semi-anonim. Jika kita ingin melakukan pengiriman atau transfer, sistem hanya mengecek apakah kita memiliki Bitcoin untuk dikirim dan tidak mengecek identitas kita. Sehingga transaksi yang terjadi di dalam sistem bersifat pseudonim.

4. Kekekalan

Transaksi Bitcoin dan aset kripto yang lain tidak dapat dibatalkan, tidak seperti transaksi fiat elektronik.

5. Dapat dibagi

Unit terkecil dari Bitcoin disebut satoshi. Ini adalah seperseratus juta BTC (0,00000001) – dengan harga Bitcoin hari ini, sekitar seperseratus sen. Ini bisa memungkinkan transaksi mikro yang tidak bisa dilakukan dengan uang elektronik tradisional.

Mengapa Menggunakan Bitcoin?

MengapaMenggunakanBitcoin

Bitcoin awalnya dibuat sebagai metode pembayaran alternatif yang didesentralisasi. Di beberapa bagian dunia, cryptocurrency ini masih merupakan cara yang lebih efisien dan lebih murah untuk mentransfer uang lintas batas, dan beberapa startup pengiriman uang memanfaatkan fitur ini.

Orang-orang merasa lebih nyaman memegang sebagian dari kekayaan mereka dalam bitcoin yang disimpan dengan aman, di mana otoritas pusat tidak dapat memblokir akses atau memotongnya. Baru-baru ini aset kripto termahal ini juga telah mengambil peran aset investasi, karena para pedagang, investor institusi, dan penabung kecil telah bangun untuk potensi keuntungan dari kenaikan harganya. Bitcoin yang terus beredar semakin meningkatkan tingkat kegunaannya bagi para pengguna.

Hemat Biaya dan Waktu

Biaya transaksi dengan Bitcoin jauh lebih murah dibandingkan kartu kredit. Dan dengan Bitcoin waktu untuk transaksi hanya membutuhkan 10 menit, sedangkan Kartu Kredit bisa mencapai 10 hari.

Kendali atas Kepemilikan dan Pengelolaan

Pentingnya Bitcoin juga karena anda yang memegang kendali dan mengelola akun anda sendiri sesuai keinginan anda. Jadi anda tidak perlu takut dengan terjadinya kecurangan atau kesalahan teknis.

Selain anda bisa menyimpan Bitcoin di dompet online/offline, anda juga bisa kelola sesuai keinginan anda. Tidak ada bunga setiap bulan dan tidak ada pemerintah/perusahaan yang ikut campur dengan Bitcoin anda.

Privasi

Anda tidak perlu memberikan informasi berlebihan. Yang berarti mencegah anda dari penipuan atau pencuri identitas. Seperti misalnya ada yang menggunakan identitas anda untuk transaksi ilegal.Informasi yang anda perlu berikan hanya alamat dompet Bitcoin anda.

Alamat anda sangat tidak mungkin untuk diretas/dilacak orang lain karena alamat anda berupa huruf dan angka yang amat sangat panjang.

Apakah Bitcoin Legal?

Apakah Bitcoin Legal

Per tanggal 2 Oktober 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 99 Tahun 2018 tentang Kebijakan Umum Penyelenggaraan Perdagangan Berjangka Aset Kripto. Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum secara resmi dinyatakan sebagai Aset Kripto sudah terdaftar sebagai barang legal dan dapat diperdagangkan sebagai komoditas di Indonesia.

Dari dokumen tersebut, Menteri Perdagangan Republik Indonesia melihat bahwa bahwa crypto asset telah berkembang luas di masyarakat dan merupakan komoditi yang layak dijadikan sebagai subjek Kontrak Berjangka yang diperdagangkan di Bursa Berjangka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *