Memahami Perkembangan Nilai Mata Uang Bitcoin

Apa yang Membuatnya berharga?

Memahami Nilai Bitcoin

Bitcoin mempunyai persediaan yang terbatas, tidak seperti mata uang biasa yang persediaannya tidak terbatas dan seringkali diproduksi. Hal tersebut membuat harga jual cryptocurrency pertama ini sangat mahal.

Bitcoin umumnya dipandang sebagai bentuk emas digital karena emas dan memiliki banyak karakteristik serupa, selain sama-sama memiliki keterbatasan suplai, keduanya sama-sama memiliki nilai yang diakui secara universal dan kerap mengalami kenaikan saat krisis ekonomi terjadi.

Kenapa Harganya bisa Naik Turun?

Kenapa Harganya bisa Naik Turun

Fluktuasi harga mata uang kripto ini disebabkan oleh beragam faktor seperti terdapat keterbatasan likuiditas dalam pasar cryptocurrency. Selain itu, perbedaan antara harga jual dan beli dalam pasar forex paling besar hanya sekitar beberapa sen, sedangkan dalam pasar cryptocurrency bisa mencapai beberapa dollar. Hal ini menunjukkan pasar dengan volume kecil dapat dengan sendirinya bergerak secara cepat sehingga membuat harga cryptocurrency begitu fluktuatif.

Banyaknya pengguna baru yang akan memiliki ketertarikan pribadi yang besar dalam harga cryptocurrency yang sedang naik atau turun. Sehingga menambah sifat market yang disruptif dan kemudian membuatnya semakin mudah berubah-ubah.

Manipulasi harga marak terjadi di pasar yang baru, termasuk pasar aset kripto. Exchange pusat mengontrol sebagian besar pergerakan cryptocurrency, sehingga membuat mereka memiliki keinginan untuk memperoleh keuntungan dengan secara tidak langsung memanipulasi harga crypto.

Faktor suplai dan permintaan yang berhubungan dengan elemen kelangkaan membuat harga meningkat dan salah satu faktor yang membuat harga aset kripto ini meningkat ke harga yang paling tinggi. Suplai Bitcoin berada di angka 21 juta – yang mana relatif kecil dibandingkan dengan token yang lain – sementara jumlah peminatnya membludak beberapa tahun belakangan ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *