Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Bagaimana Cara Beli Bitcoin

Lalu bagaimana cara memiliki mata uang kripto? Bitcoin sebagai mata uang digital bisa didapatkan dengan berbagai cara, dengan cara membelinya dengan menggunakan uang fiat, menambang, dan bahkan Bitcoin juga bisa didapatkan secara gratis.

Membeli Bitcoin Melalui Exchange

Cara membeli Bitcoin sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi exchange pilihan kamu dan buat akunmu di platform tersebut. Setelah akunmu berhasil dibuat dan diverifikasi, kamu sudah bisa membeli Bitcoin dan aset digital lainnya. Simak video di bawah ini untuk memahami cara beli cryptocurrency paling terkenal ini lebih lanjut! Seperti Exchange Indodax.com

Berapa jumlah minimal Bitcoin bisa dibeli?

Kamu bisa membeli aset kripto dengan menggunakan mata uang Rupiah dalam jumlah berapa saja tanpa nilai minimum. Jumlah Bitcoin yang kamu beli bergantung pada harga aset kripto saat kamu membelinya. Misalkan saja harganya sekarang Rp100 juta. Jika kamu memiliki uang 10 juta dan membeli dengan uang itu, kamu akan mendapatkan sejumlah 0,1 BTC.

Selain membelinya, kamu bisa juga mendapatkan bitcoin secara gratis.

Mendapatkan Bitcoin Melalu Mining Bitcoin

Apa itu Bitcoin Mining

Bitcoin Mining adalah cara mendapatkan uang digital ini dengan cara menambangnya. Untuk memahami proses menambang, kita harus kembali lagi pada konsep dasar. Teknologi di balik cryptocurrency adalah Blockchain, yang merupakan sebuah rantai blok berisi komponen kriptografi. Singkatnya, pengguna harus menyelesaikan sebuah soal matematika untuk mendapatkan Bitcoin sebagai reward.

Pada tahun 2009 saat awal terciptanya cryptocurrency pertama ini, setiap persoalan matematika yang diselesaikan, pengguna diberikan reward sebesar 50 BTC. Karena terbatasnya suplai BTC, setiap 4 tahun akan terjadi fenomena halving day. Halving day adalah peristiwa pengurangan reward sebanyak setengahnya. Jadi pada tahun 2012, setiap persoalan matematika yang diselesaikan, pengguna hanya mendapatkan 25 BTC, tahun 2016 sebanyak 12.5 BTC, dan begitu seterusnya.

Proses pemecahan soal matematika inilah yang disebut sebagai Bitcoin mining. Jangan bayangkan soal matematika ini seperti persoalan matematika yang kita temui sehari-hari di pelajaran matematika.

Persoalan ini jauh lebih rumit dan membutuhkan algoritma khusus super komputer untuk memecahkannya. Oleh karena itu, untuk menambang Bitcoin diperlukan mesin komputer khusus seperti GPU atau ASIC yang harganya tidaklah murah.

Satu mesin GPU bisa dihargai sekitar 20-30 juta sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya menambang Bitcoin. Penambang crytocurrency biasa disebut dengan miner.

Menambang tidaklah murah. Selain harus membeli mesin hardware untuk menambang, miner juga harus menyiapkan biaya listrik 24 jam dan pendingin mesin. Mesin mining harus berjalan 24 jam penuh setiap harinya untuk memberikan hasil yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *